Sunday, December 16, 2012

THE MASTER TRADER

Dikutip dari buku The Master Trader ( Belajar dari Trader Sukses Dunia).

Belajar dari para Trader Dunia yang sukses mencetak profit jutaan $ adalah sesuatu yang bijak, dan akan meningkatkan wawasan dan cara pandang terhadap dunia perdagangan valas (Forex). Dengan menerapkan nasehat meraka akan membantu meningkatkan kecerdasan emosional kita dalam menjalani profesi sebagai Trader.

Jack D Schwager memberikan gambaran tentang peluang dari trading forex, menurutnya :
"Trading menyediakan satu garis perbatasan yang terbesar dari sebuah kesempatan dalam ekonomi kita. Ini adalah salah satu jalan dari sedikit jalan yang ada di mana seorang indivudual dapat memulai dengan modal yang relatif kecil dan kenyataannya bisa menjadi seorang multimilionaire."

Dalam sebuah wawancara, Brian Shannon, seorang trader independent yang sukses, menceritakan pengalamannya tentang arti kebebasan sebagai seorang trader.

"Kebebasannya adalah tidak menjawab kepada siapapun, saya mempunyai etika kerja yang kuat, tetapi ketika pasarnya lemah saya mungkin mematikan komputer dan pergi berenang, naik sepeda, bermain ski,menikmati makan siang dengan keluarga dan lain-lain......dan saya tidak harus bertanya kepada siapa pun untuk mempermasalahkan ini.

Saya juga menikmati tantangan mental untuk mencoba ramainya pasar; secara finansial dan emosional hal ini adalah bisnis yang menjanjikan ketika Anda terlibat di dalamnya pada saat Anda mencapai kesuksesan. Saya tidak melakukan transaksi untuk hal yang lain.

Pandangan seorang Ed Seykota tentang analisis fundamental, dia menceritakan pengalamannya;"Suatu malam, ketika makan malam dengan seorang fundamentalis, tanpa saya sengaja saya memukulkan pisau tajam di pinggir meja, dia melihat pisau
berputar diudara, selanjutnya menancap tepat dipinggir sepatunya.
"Mengapa kamu tidak memindahkan kakimu?" Saya berseru. "Saya sedang menunggu pisau itu kembali ke atas,"jawabnya.

Apa yang dikatakan Ed Seykota adalah benar, biasanya trader fundamentalis seringkali terlambat merespon pergerakan harga, begitu dia masuk pasar karena berita-berita, maka yang terjadi adalah sebaliknya, yakni pasar sudah jenuh dan mungkin akan mengalami reversal.

Tentang isu, rumor dan fundamentalis.

Mengikuti isu atau rumor yang ada dipasar akan membantu untuk membangun transaksi lebih awal tetapi anda harus tahu resikonya, bahwa isu tsb blum tentu benar. Seorang trader sukses, David Ryan, menyarankan; " Lebih disiplin kamu dapat lakukan, lebih baik kamu melakukannya dalam pasar. Lebih banyak lagi anda mendengarkan tips atau rumor, lebih banyak lagi sepertinya anda merugi."

No comments: