Wednesday, August 21, 2013

Karena Trading adalah Bisnis, Bangunlah Sistem Bisnis Anda

Bagi mereka yang telah mengetahui dan memahami trading di berbagai instrumen pada pasar keuangan sulit rasanya mengabaikan potensi keuntungan yang mungkin untuk diraih. Baik untuk mereka yang melakukan aktifitas trading sebagai salah satu jalan untuk mengembangkan dananya maupun mereka yang menjadikan trading sebagai jalan untuk mencari nafkah (trading for living). Daya tarik ini tampaknya terus berkembang sehingga semakin banyak orang yang mencoba untuk meraih peruntungan di dunia trading.
Namun sayangnya masih sangat banyak yang tidak menyadari atau mengabaikan fakta bahwa trading adalah sebuah bisnis, bukan hanya untuk sekedar berspekulasi. Memang benar kadang kala spekulasi dibutuhkan saat membuka atau menutup posisi trading namun tidak bisa dipungkiri pola-pola yang terbentuk di pasar memiliki predictive value yang harusnya dijadikan pegangan saat trading.
Pola-pola yang dimaksud adalah kebiasaan para pelaku pasar saat dirilisnya suatu data ekonomi atau berita yang berkaitan dengan suatu intrumen trading. Contohnya jika suatu data A dirilis maka para pelaku pasar membeli emas dan sebagainya. Demikian juga dengan pola-pola yang terbentuk pada grafik yang menjadi senjata utama para trader teknikal. Meskipun tidak akan ada yang 100% benar (berarti juga tidak ada yang 100% salah) selalu ada hal yang bisa dijadikan patokan sebelum seorang trader mengambil posisi trading.
Kesadaran bahwa trading adalah sebuah bisnis inilah yang harus selalu ditanamkan di benak seorang trader. Trading bukanlah aktifitas tebak-tebakan. Layaknya menjalankan sebuah bisnis pada sektor riil, seorang trader harus memiliki tujuan trading dan mempersiapkan dirinya dengan materi psikologi trading yang baik, pengetahuan dan latihan trading yang cukup dan sebuah sistem trading yang mantap sebelum benar-benar terjun ke dunia trading yang kadang tampak menyeramkan (terutama bagi keuangan) dan bisa menyedot energi mental yang mengakibatkan kelelahan psikis bahkan fisik.

Jelas bahwa sistem trading menjadi salah satu faktor utama yang membedakan trader yang berhasil dengan trader yang gagal. Lalu bagaimanakah membangun sistem trading yang baik? Jimmy Tan, mentor analisa dan trading di Financeroll, yang memiliki pengalaman 30 tahun bergulat di dunia trading memberikan masukan yang sangat berharga yang mungkin akan membantu meningkatkan peluang kesuksesan para trader. Menurut beliau sebuah sistem trading harus komprehensif, meliputi aspek psikologis, aspek analisa yang tajam serta metode eksekusi yang baik dan teruji.
Jadi jika Anda benar-benar ingin berhasil di dunia trading maka jalan terbaik adalah mengikuti saran sang trader senior tersebut. Sekarang saatnya untuk lebih serius dengan trading Anda, membangun sistem trading yang mantap dan cocok bagi karakter pribadi Anda.
Pada kesempatan ini penulis mencoba memaparkan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah sistem trading yang baik:
1.    Kenali diri sendiri dan kekuatan dana
Tidak ada seorang pun yang lebih mengenal diri Anda selain Anda sendiri. Seringkali saat berhadapan dengan aktifitas trading seorang trader lupa diri, maksudnya dia bisa saja menjadi tergiur saat melihat pergerakan pasar yang cepat sementara karakter dirinya sendiri dan kekuatan dananya tidak cocok dengan karakter pasar yang demikian.
Sebelum memulai bertransaksi tentukan karakter pasar seperti apa yang akan membuat Anda lebih nyaman untuk bertransaksi di dalamnya, apakah pasar dengan karakter pergerakan harga yang sangat fluktuatif atau yang lebih tenang.
2.    Tetapkan tujuan trading
Tanpa tujuan trading yang jelas Anda akan mudah diombang-ambing pasar dan menjadi tidak disiplin saat bertansaksi. Seandainya tujuan trading Anda adalah untuk jangka harian, karena memang sesuai dengan karakter pribadi dan kekuatan dana Anda, tentunya profil resiko Anda juga relatif kecil dan Anda akan selalu berpegangan pada sistem trading untuk jangka harian terlepas dari apapun potensi yang diberikan oleh jangka menengah dan panjang.
Dengan tujuan yang jelas Anda akan lebih mudah untuk menetapkan rencana belajar dan latihan, memudahkan Anda untuk memilih materi pelajaran Anda.
3.    Belajar dan berlatih analisa dan trading
Pengetahuan dasar mengenai peraturan trading di broker Anda serta pengetahuan tentang pasar dan analisa mutlak diperlukan, kecuali jika Anda mempercayakan dana Anda ke trader lain. Pengetahuan saja tampaknya memang belum cukup tanpa Anda berlatih analisa dan transaksi. Berlatih menganalisa pasar sebaiknya dilakukan setiap hari sesuai dengan tujuan dan gaya trading yang telah Anda tetapkan.
4.    Menyusun sistem trading
Dengan pengenalan karakter pribadi, mengukur kekuatan dana dan tujuan yang jelas serta pembekalan yang cukup dari pembelajaran dan pengetahuan yang semakin bertambah dari latihan Anda, kini saatnya secara sistematis Anda menetapkan langkah-langkah trading (sistem trading).
Sebuah sistem trading harus jelas dan terperinci dan mencakup semua kemungkinan. Anda harus bisa menetapkan persyaratan dan kondisi:
•    kapan harus membuka dan menutup posisi trading
•    pada kondisi pasar seperti apa Anda bisa memulai transaksi
•    langkah antisipasi untuk memangkas kerugian saat posisi berlawanan dengan arah pasar
•    persiapan untuk mengambil keuntungan dan mungkin menambah posisi saat posisi awal terbukti searah dengan pasar
5.    Uji coba dan evaluasi sistem trading
Sebuah sistem trading harus menjalani sebuah pengujian, bisa berupa tes mundur (back-test) untuk melihat rasio antara keberhasilan dan kegagalan sistem Anda. Namun yang lebih penting adalah tes ke depan (forward-test), Anda langsung melakukan uji coba dengan simulasi trading.


Pastikan paling sedikit Anda melakukan 100 kali transaksi saat menjalankan forward-test. Jangan ubah persyaratan dan kondisi apapun dari sistem Anda sebelum terjadi 100 kali transaksi. Dari sini kelak Anda akan bisa menyempurnakan sistem trading Anda sebelum 100% melakukan trading yang sesungguhnya.
Memang banyak sekali pekerjaan rumah yang harus seorang trader benar-benar siap untuk melakukan trading nyata. Namun tidak ada jalan lain selain melakukan semua persiapan di atas dengan sistematis. Di luar sana ada banyak pihak yang menawarkan sistem trading dengan klaim yang seringkali bombastis. Pada akhirnya hanya Anda lah yang mampu menentukan sistem trading apa yang paling cocok untuk karakter, kekuatan dana dan tujuan Anda, jadi kenapa Anda harus mempercayakan sistem trading Anda kepada pihak lain untuk membangunnya. It’s our own trading, it’s our own business.

No comments: